SEKILAS INFO
: - Minggu, 13-06-2021
  • 1 tahun yang lalu / Penerimaan santri baru Tahun Ajaran 2020/2021 Gelombang I 01 Januari s/d 28 Maret 2020
Dayah Pesantren Baitul Arqam

Muhammadiyah yang telah berusia lebih dari seabad, benar menghajatkan ’Ulama’ yang terdidik, beriman, berakhlak, berilmu, dan mempunyai wawasan kedepan yang dapat menjawab tantangan-tantangan zaman dan sanggup berjuang di tengah-tengah masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut diatas dan dorongan dari masyarakat aceh pada umumnya dan khususnya warga muhammadiyah, dirasa perlu mendirikan Lembaga Pendidikan Islam yang terprogram untuk mencetak kader-kader umat masa depan. Lembaga Pendidikan Islam yang dimaksud adalah Lembaga Pendidikan Islam yang diasramakan (Dayah/pesantren).

Awal mulanya, Area komplek Dayah Pesantren Baitul Arqam yang dibangun diatas tanah seluas 2 hektar ini merupakan Pusat Pengasuhan/Pembinaan anak-anak kerjasama Muhammadiyah dengan Youth of The Street Overseas Realief Fund Australia. Tingkat kenyamanan, keindahan dan kerapian dari fasilitas yang disediakan berstandar Internasional yang terdiri dari 12 asrama, sebuah bangunan Madrasah berlantai dua, Perpustakaan Umum, Ruang Makan, Kantin, Balai Pengajian, Lapangan Olah Raga serta sebuah Mushalla sebagai sentral kegiatan pendidikan dan pembinaan santri dalam rangka membangun tunas umat yang menjalankan kehidupan sesuai dengan Al Quran dan Sunnah serta mengutamakan aktifitas berjamaah melalui metode pembinaan santri dengan menghafal Al-Quran dan hadits disertai dengan pemahaman terhadap kandungannya.

Berdasarkan Rapat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh. Komplek yang dulunya merupakan komplek panti asuhan dinaikkan fungsinya menjadi boarding school. Nama “Baitul Arqam” diteladani dari semangat Rasullullah yang memulai dakwahnya dari rumah Arqam bin Abi Arqam. Atas dasar semangat inilah Dayah Pesantren Baitul Arqam bercita-cita menjadi lembaga pendidikan islam yang mendidik, membina dan membentuk generasi muda islam agar dapat menjadi kader-kader dakwah Islam di masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru

Data Sekolah

Dayah Pesantren Baitul Arqam (MTs dan MA)

NPSN : 69788268 / 69963522

Jln Banda Aceh Medan KM 15,5 Tampok Blang
KEC. Sukamakmur
KAB. Aceh Besar
PROV. Aceh
KODE POS 23361
TELEPON 08116800210
FAX 0000000
EMAIL info@baitularqam.sch.id

Maps Sekolah