SEKILAS INFO
: - Minggu, 13-06-2021
  • 1 tahun yang lalu / Penerimaan santri baru Tahun Ajaran 2020/2021 Gelombang I 01 Januari s/d 28 Maret 2020
KELAS JURNALISTIK MENGENAL MEDIA SOSIAL

Oleh: Miralda Salsyabillah*

Santri Baitul Arqam, khususnya santri  yang mengikuti Mentoring Jurnalistik, di hari Sabtu tanggal 14/3/2020 mendapatkan materi baru yang disampaikan oleh Muhammad Akbar Rafsanjani. Kelas Jurnalistik dimulai dipukul 14:30 WIB. Kak Ihan memulai kelas, tak lama kemudian Kak Ihan mempersilakan temannya yang akan memberi materi untuk hari ini.

“Perkenalkan nama saya Muhammad Akbar Rafsanjani, Abang dulunya sama juga seperti kalian di sini yang sedang mondok,” ceritanya membuka perkenalan. Selang beberpa menit setelah memperkenalkan diri, Muhammad Akbar Rafsanjani memulai pembahasannya yang berjudul, “Apa itu Media Sosial?”

“Media Sosial itu terdiri dari dua kata yaitu, media yang artinya alat, sedangkan sosial ialah hubungan antarmanusia, berarti Media Sosial itu adalah alat yang menghubungkan antarmanusia bukan hanya di sekitarnya saja, melainkan di belahan dunia,” ucap Muhammad Akbar Rafsanjani.

Santri Baitul Arqam khususnya di Kelas Mentoring Jurnalistik perlahan-lahan telah mengetahui apa itu Media Sosial. Ke depannya semuanya menginginkan Santri Baitul Arqam agar dapat mengusainya dan mempergunakan media sosial dengan baik dan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat untuk menaikkan minat membaca melalui tulisan di media sosial.

Muhammad Akbar Rafsanjani  dengan senang hati memperkenalkan nama-nama media  yang dapat digunakan untuk menulis dan dapat memberikan pelajaran untuk orang-orang di belahan dunia. Bahkan dia juga memperkenalkan media yang bisa menulis dan mendapat penghasilan dari tulisan tersebut, yaitu salah satunya Steemit.

“Di Steemit ini kita bukan hanya sekadar menulis dan dibaca oleh orang, tetapi kita bisa mendapatkan penghasilan di dalamnya,” lanjutnya, “ini adalah pekerjaan yang saya lakukan di Steemit, di sini setelah menonton sebuah flim, saya segera menulisnya atau menceritakannya kembali ke dalam Steemit, pekerjaan yang saya lakukan ini bahkan orang yang berada di lain negara sangat menginginkan saya melanjutkannya bahkan ada yang meminta saya untuk menceritakan flim yang dia inginkan. Semuanya saya lakukan dan saya mendapat penghasilan dari itu,”  kata Akbar, sapaan akrabnya.

Materi yang disampaikan oleh Muhammad Akbar Rafsanjani ini membuat minat menulis santri semangkin membara, apa lagi yang mereka menjadi tahu di dalam menulis bukan hanya sekadar menulis, melainkan mereka juga bisa mendapatkan penghasilan. Santri Baitul Arqam khususnya yang mengikuti kelas menulis ini sangat percaya dengan sebuah pepatah Arab yang artinya, “Siapa yang bersungguh-sungguh, dia pasti akan mendapatkannya.” Kata tersebut membuat  para santri menjadi bersemangat dan terus mencoba walaupun gagal di awal, mereka tetap yakin pasti suatu saat hari akan tiba waktunya dan menjadi yang seperti mereka inginkan.

Pembelajaran berakhir pukul 16:10 WIB. Santri-Santri sangat berterima kasih dengan materi yang telah disampaikan Akbar ini dapat menumbuhkan kembali minat menulis mereka.

*Santri kelas I Aliah Baitul Arqam

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru

Data Sekolah

Dayah Pesantren Baitul Arqam (MTs dan MA)

NPSN : 69788268 / 69963522

Jln Banda Aceh Medan KM 15,5 Tampok Blang
KEC. Sukamakmur
KAB. Aceh Besar
PROV. Aceh
KODE POS 23361
TELEPON 08116800210
FAX 0000000
EMAIL info@baitularqam.sch.id

Maps Sekolah