SEKILAS INFO
: - Minggu, 13-06-2021
  • 1 tahun yang lalu / Penerimaan santri baru Tahun Ajaran 2020/2021 Gelombang I 01 Januari s/d 28 Maret 2020
Serunya Tamasya ke Objek Wisata Alam Taman Rusa

Tulisan ini sudah terbit pada koran harian Serambi Indonesia tanggal 28 Februari 2020 kolom Jurnalisme Warga source

OLEH ARISKA PUTRI RAHMADHANI, santri Kelas XI Pesantren Baitul Arqam, Sibreh, Aceh Besar, melaporkan dari Lamtanjong, Aceh Besar

SAYA sangat bersemangat ketika mengetahui bahwa santri yang mengikuti mentoring jurnalistik di Pesantren Baitul Arqam akan melakukan praktik menulis sambil bertamasya ke objek wisata alam Taman Rusa di Gampong Lamtanjong, Sibreh, Aceh Besar.

Rasanya saya menjadi tidak sabaran agar bisa segera pergi ke sana. Sejak pertengahan Januari 2020, saya dan 20-an santri lainnya rutin mengikuti kelas mentoring yang dilakukan setiap hari Sabtu di pesantren. Jika sebelumnya kami belajar di kelas, maka kini giliran kami belajar di lapangan yang didampingi dua guru jurnalistik kami, yaitu Kak Ihan dan Bang Hayatullah Pasee.

Disepakati, kami pergi ke objek wisata alam Taman Rusa pada Sabtu siang, 22 Februari 2020. Setelah pelajaran terakhir hari itu, seperti biasa kami, para santri, shalat berjemaah dan makan siang. Sembari menunggu pukul 14.00 WIB, saya merebahkan badan sejenak di kasur untuk beristirahat. Bila saatnya pergi, saya tinggal mengganti pakaian saja karena semuanya sudah saya siapkan seperti peralatan menulis.

Siang itu cuaca terasa sedikit panas. Matahari sangat cerah. Namun, itu sama sekali tidak mengurangi antusiasme kami untuk pergi ke Taman Rusa. Saya melihat teman-teman santri yang lain juga begitu. Mereka sibuk bersiap-siap dan terlihat sangat bersemangat untuk pergi ke sana. Sekitar pukul 14.30 WIB kami semua sudah berkumpul di depan pos tak jauh dari pintu gerbang pesantren. Saya melihat ustazah berkoordinasi dengan pengelola pesantren lainnya.

Tak lama kemudian kami pun berangkat. Ada yang diantar dengan mobil, ada pula yang diantar naik becak barang. Saya sendiri bersama beberapa santri perempuan lainnya naik becak barang dan perjalanan ini sangat menyenangkan. Tak peduli transportasi yang kami gunakan, yang penting sampai. Jarak antara Pesantren Baitul Arqam yang berada di Gampong Tampok Blang, Sibreh dengan Lamtanjong tidak terlalu jauh. Hanya sekitar beberapa kilometer saja.

Jalan menuju ke sana cukup mulus. Di sisi kiri dan kanan berselang-seling antara rumah penduduk dengan areal persawahan yang sedang menghijau. Sungguh sangat menyegarkan pandangan mata dan udaranya sangat bersih. Selama perjalanan kami saling bercanda ria di atas becak.

Setelah melewati jalanan desa yang berkelok-kelok, kami pun tiba di Taman Rusa. Saya takjub melihat pemandangan yang ada di sana. Hijau dan asri. Banyak pepohonan hingga membuat suasana di sana menjadi teduh. Pengunjung hari itu juga sangat ramai, barangkali karena akhir pekan.

Begitu sampai di sana dan setelah membayar tiket, para santri langsung berpencar untuk melihat-lihat objek yang akan ditulis. Oh ya, sebelumnya kami juga sudah diberikan pengarahan oleh Kak Ihan dan Bang Hayatullah Pasee. Kami diminta untuk mencatat semua hal yang menarik yang kami lihat di sana. Saya sudah siap dengan buku dan pulpen.

Mengenal satwa

Di objek wisata alam Taman Rusa ini, selain ada kebun binatang yang sangat luas dan diisi dengan bermacam-macam satwa, juga terdapat wahana bermain yang menyenangkan dan untuk berfoto. Walaupun namanya “Taman Rusa”, tapi di sini bukan hanya ada rusa, melainkan terdapat juga bermacam satwa seperti buaya, beruang, ular, musang, kura-kura, dan beberapa burung elang.

Selain itu, juga ada burung unta yang sangat besar dan tinggi, monyet, iguana, kucing emas, tupai malim, landak, dan tentu saja beberapa rusa tutul yang sangat menarik. Saat berkeliling taman ini, ada yang paling menarik perhatian saya, yaitu kucing emas (Profelis aurata). Hewan dengan bulu berwarna emas itu belum pernah saya lihat sebelumnya. Kucing emas ini adalah jenis kucing yang sangat misterius dan jarang dijumpai. Jenisnya hewan karnivora.

Di sana juga terdapat beberapa wahana bermain seperti waterboom, kereta api, sepeda bebek, baling-baling raksasa, dan beberapa lainnya. Ada juga wahana foto yang keren seperti rumah terbalik, kincir angin, jembatan kenangan, sarang burung, gapura cinta, dan mobil terbalik. Wahana yang paling menarik bagi saya adalah sarang burung karena baru kali ini saya lihat sarang burung yang sangat besar yang muat dimasuki tiga orang dewasa sekaligus.

Setelah puas berkeliling dan untuk menambah kembali energi yang sudah berkurang, di tempat ini juga menjual banyak makanan ringan seperi mi seduh kemasan, bakso goreng, dan minuman berkarbornasi yang sedang kekinian di kalangan anak muda. Ada juga menu-menu berat seperti hidangan ayam penyet. Untuk tempat bersantai pengunjung juga terdapat sejumlah pondok yang bisa memuat beberapa orang.

membawa uang lebih sehingga tidak bisa masuk ke wahana yang saya inginkan. Walaupun sudah membayar tiket Rp15 ribu di depan, tetapi kalau kita ingin menjajal wahana yang ada di dalamnya harus membayar.

Citradaya Nita

Saya juga senang bisa membuat tulisan ini dan membagikannya kepada teman-teman lain di luar sana. Saya bersyukur bisa menjadi bagian dari kelas mentoring ini sehingga saya jadi mengerti cara menulis. Ini merupakan dunia baru bagi saya dan sangat menantang. Saya ingin menjadi penulis yang hebat dan terkenal.

Kelas mentoring menulis yang kami ikuti ini digagas oleh Kak Ihan, salah seorang jurnalis di Aceh yang menerima fellowship Citradaya Nita. Sebelum kelas mentoring dimulai setiap minggunya, para santri terlebih dahulu mengikuti seminar kepenulisan yang diisi oleh tiga pembicara. Mereka menyampaikan bahwa dengan menjadi penulis, seseorang bisa menjadi berdaya dan bisa mengeluarkan pendapatnya melalui tulisan. Oleh karena itu, setelah seminar usai dan saat santri diminta mengisi formulir untuk mengikuti mentoring. Saya tak ingin melewatkan kesempatan ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru

Data Sekolah

Dayah Pesantren Baitul Arqam (MTs dan MA)

NPSN : 69788268 / 69963522

Jln Banda Aceh Medan KM 15,5 Tampok Blang
KEC. Sukamakmur
KAB. Aceh Besar
PROV. Aceh
KODE POS 23361
TELEPON 08116800210
FAX 0000000
EMAIL info@baitularqam.sch.id

Maps Sekolah